Mengenal Lebih Dekat Sosok EM Osykar Sebagai Ketua Bawaslu Bangka Belitung

EM Osykar Merupakan Aktivis, Idealis dan Pandai Bergaul

banner 120x600

 

EM Osykar yang digadang-gadang sebagai salah satu calon yg akan turun dalam perhelatan pemilihan serentak kepala daerah di kota Pangkalpinang.

banner 325x300 banner 325x300

Pria yang kerap berpenampilan rapi ini adalah Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, periode 2022-2027.

Aparatur Sipil Negara (ASN) kelahiran 26 Januari 1984 ini, memilih cuti sementara sebagai PNS.

Sebelumnya, EM Osykar merupakan ASN di Kementerian Dalam Negeri. Dia ingin mengabdi sebagai penyelenggara pemilu, selama lima tahun ini.

Em Osykar merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Ayahnya bernama Drs H M Asmoeni Tjek Amat SH, pensiunan PNS di suatu institusi kehakiman. Ibunya bernama Hj Nunpakhriah SPd pensiunan guru sekolah dasar.

Ia dibesarkan di Pulau Bangka, tepatnya di Kota Sungailiat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. EM Osykar menyelesaikan SD hingga SMA di di Kota Sungailiat.

Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, EM Osykar (ISTIMEWA). Lalu melanjutkan kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

“Hidup ini mengalir saja, tetap lakukan yang terbaik. Suatu waktu, setelah pensiun nanti, saya ingin saat masa tua, menghabiskan waktu bersama keluarga. Pakai kain sarung, pergi ke masjid,” kata lulusan pascasarjana UGM ini dalam satu perbincangan, Selasa (07/05/24)

Selepas lulus kuliah 2007, dia sempat menjadi dosen di Universitas Terbuka dan UBB. Pada 2009, EM Osykar diterima sebagai PNS di Pemprov Babel.

Suami dari Dewi Wahyuni ini sejak masa sekolah aktif pada kegiatan organisasi.

Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (KOMAP) adalah organisasi kemahasiswaan yang digelutinya saat kuliah.

Ayah tiga orang anak ini menyebutkan, tertarik pada isu kepemiluan, ke pengawasan pemilu, dan demokrasi sejak era reformasi 1998.

EM Osykar juga sebagai peraih beasiswa sekolah pascasarjana jurusan magister perdamaian dan resolusi konflik di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, banyak mengasah kemampuan berpikir analitis dan praktis.

Bahkan EM Osykar sebagai dosen luar biasa dan salah satu Dewan Pakar Keluarga Alumni Gadjah Mada Bangka Belitung

Ayah Danish Ghaisan Osykar, Della Brivani Osykar, dan Dion Uwais Osykar ini pengagum Presiden 1 RI Soekarno dan Presiden RI 4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Dikutip daeri babel.bawaslu.go.id, EM Osykar mempunyai visi menjadikan Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai lembaga pengawas pemilu tingkat provinsi yang semakin dicintai dan dipercaya oleh masyarakat.

Sedangkan misinya pertama, membangun kelembagaan dan aparatur pengawas yang solid, kompeten dan berintegritas.

Kedua, menjadikan pengawasan pemilu lebih partisipatif dengan meningkatkan peran serta masyarakat, peserta pemilu, dan pemangku kepentingan lainnya.

Ketiga, memperkuat sistem pengawasan yang terstruktur, sistematis, dan terintegrasi dengan berbasiskan teknologi dan berkelanjutan.

banner 325x300 banner 325x300 banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *