Stok Gula di Kota Pangkalpinang Dipastikan Masih Aman

banner 120x600

 

Pangkalpinang, deltababel.com – PT Menara Nusantara Persada selaku distributor gula pasir PSM di Pulau Bangka memastikan hingga saat ini ketersediaan gula pasir PSM di Kota Pangkalpinang masih aman.

banner 325x300

Hal itu disampaikan Official Manager PT. Menara Nusantara Persada Dedi, saat menerima kunjungan pihak Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang.

Ia tak menampik bahwa sejak pertengahan bulan Oktober lalu terjadi pengurangan jumlah pasokan gula pasir PSM ke perusahaan itu.

Menurutnya, kondisi ini bukan hanya di Pangkalpinang, terjadi secara nasional, yang disebabkan menurunnya produksi karena berkurangnya pasokan bahan baku Gula Kristal Mentah (GKM).

Tetapi kondisi ini, masih bisa diatasi oleh pihaknya selaku distributor, dengan cara mengatur pendistribusian ke stokis dan toko-toko.

“Kita atur penjualannya, kalau stok lagi normal yang minta 200 karton kita berikan, bahkan pernah Bulog perbulan minta 40 ton saja kita berikan,” katanya.

“Seperti sekarang stok kita masih ada, mau kita jual habis hari ini pun bisa, tetapi kita akan atur, hingga terjual merata ke konsumen,” tambah Dedi.

Terkait terjadi kenaikan harga ditingkat toko yang ada di Kota Pangkalpinang. Ternyata kenaikan tersebut menjadi ketetapan Pemerintah Pusat Melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) awal bulan lalu.

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengatur kembali harga gula di tingkat ritel modern. Kini, gula kemasan 1 kg dijual seharga Rp 16.000. Aturan ini diberlakukan untuk pelaku usaha di ritel modern. Penetapan harga gula ini sebagai respons dari kenaikan harga gula, dari tingkat produsen.

Sementara Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang Andika Saputra menghimbau masyarakat agar tidak panik. Dari hasil kunjungan kerjanya ke perusahaan yang mengelola pendistribusian gula pasir PSM, bahwa stok gula pasir merek PSM masih aman.

Lanjut Andika, ditambah dengan ketersediaan gula pasir dari sejumlah merek lainnya. Ia juga mengingatkan untuk tidak ada pihak yang melakukan penimbunan. Selagi tidak ada pihak yang memanfaatkan situasi ini, ia meyakini ketersediaan gula pasir di Kota Pangkalpinang tetap akan stabil.

“Kami minta masyarakat tidak panik, tenang saja. Ini tidak terjadi kelangkaan total gula pasir, hanya ada sedikit penurunan pasokan,” ungkap Andika.

“Yang penting tidak ada pihak memanfaatkan situasi ini, dengan melakukan penimbunan. Mudah-mudahan masih cukup,” tutupnya.

banner 325x300 banner 325x300 banner 325x300 banner 325x300 banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *